Apakah BPJS Kesehatan Memberikan Santunan Kepada Peserta Yang Meninggal Dunia?

Selamat datang di website kami yang menyajikan berbagai macam informasi terkait dengan perkembangan dunia asuransi yang Anda butuhkan, Apakah BPJS Kesehatan Memberikan Santunan Kepada Peserta Yang Meninggal Dunia?.

BPJS Kesehatan – Mungkin sebagian dari Anda masih bingung dan bertanya apakah peserta BPJS kesehatan meninggal dunia akan tetap mendapat ganti rugi atau apakah ada kompensasi dari pihak BPJS untuk mengembalikan dana dari peserta tersebut?

Perlu diketahui bahwa program BPJS Kesehatan yang dibuat oleh pemerintah ini merupakan subsidi silang dimana dana yang masuk akan digunakan untuk membiayai peserta BPJS kesehatan lainnya dengan sistem saling bantu dan gotong royong antar peserta sehingga semuanya bisa merasakan kenyamanan yang sama.

Hal tersebut pula yang membedakan antara BPJS Kesehatan dengan asuransi swasta pada umumnya. Untuk itulah biaya premi yang dibayar sebagai iuran setiap bulannya rata-rata masih cukup terjangkau oleh masyarakat serta disesuaikan pula dengan kelas yang dipilih.

BPJS Kesehatan yang mengusung konsep gotong royong seperti yang sudah saya jelaskan diatas dan jika ada yang bertanya apakah dana peserta akan dikembalikan apabila meninggal jawabannya adalah tidak dapat dikembalikan.

Hal itu dikarenakan dana tersebut akan terus digunakan untuk saling menutupi dimana peserta yang sehat membiayai yang sakit dan peserta yang mampu membiayai peserta kurang mampu.

Selain itu BPJS Kesehatan juga tidak memberikan santunan kepada peserta yang meninggal dunia karena iuran bulanan yang telah dibayar akan digunakan untuk membiayai peserta lain seperti yang sudah saya jelaskan diatas. Meskipun begitu BPJS Kesehatan tetap melayani pemulasaran jenazah dan pengantaran jenazah antar fasilitas kesehatan.

Peserta yang meninggal dunia status kepesertaannya akan dihentikan dan tidak akan menerima tagihan. Itupun jika pihak keluarga melaporkan bahwa peserta yang bersangkutan meninggal dunia, lapor ke kantor BPJS Kesehatan dengan membawa :

  1. Surat Keterangan Kematian,
  2. Bukti pembayaran bulan terakhir
  3. Kartu asli peserta yang bersangkutan.

Baca juga : Keuntungan Yang Diperoleh Peserta BPJS Kesehatan

Jika pada perawatan peserta meninggal dunia maka semua biaya perawatan akan menjadi tanggung jawab pihak BPJS Kesehatan, sedangkan jika peserta BPJS Kesehatan masuk rumah sakit akibat kecelakaan maka biaya perawatan akan ditanggung oleh Jasa Raharja.

Apakah BPJS Kesehatan Memberikan Santunan Kepada Peserta Yang Meninggal Dunia? | Biayaasuransi | 4.5