Cara Mengaktifkan Kembali Kartu BPJS Karena Tunggakan

Selamat datang di website kami yang menyajikan berbagai macam informasi terkait dengan perkembangan dunia asuransi yang Anda butuhkan, Cara Mengaktifkan Kembali Kartu BPJS Karena Tunggakan.

Kartu BPJS – Pemerintah mewajibkan kepada semua penduduk Indonesia untuk ikut dalam menjadi peserta bpjs. Anda bisa membayar iuran sesuai dengan kelas yang dipilih dan biasanya pembayaran iuran bisa dibayar paling lambat tanggal 10 setiap bulannya.

Namun konsekuensinya jika peserta tidak membayar iuran dengan melewati batas waktu akhir maka akan mendapatkan tagihan iuran yang belum dibayar dan juga status keanggotaan untuk sementara akan dinonaktifkan.

Apabila status nonaktif maka peserta tidak bisa berobat lagi menggunakan BPJS Kesehatan sebelum diaktifkan kembali. Itu artinya jika Anda berobat maka harus membayar sendiri karena kartu BPJS tidak dapat digunakan untuk sementara waktu.

Untuk mengaktifkan kembali Kartu BPJS Kesehatan tersebut peserta tidak harus melakukan pendaftaran kembali karena setiap 1 orang hanya bisa memiliki kartu tersebut satu kali saja seumur hidup dan sudah disesuaikan dengan nomor identitas KTP, jika ingin mengaktifkan kembali anda cukup membayar tagihan iuran yang belum dibayar di bulan sebelumnya.

Anda bisa membayar tagihan tersebut di beberapa tempat seperti ATM, Indomaret, Kantor Pos, Alfamart, atau ke Kantor BPJS, jika sudah lunas maka kartu BPJS anda sudah langsung aktif kembali dan dapat digunakan.

Baca juga : Keuntungan Yang Diperoleh Peserta BPJS Kesehatan

Anda juga bisa melapor ke kantor BPJS Kesehatan apabila sudah membayar namun kartu BPJS masih berstatus non aktif dengan menunjukkan bukti membayar lunas ke petugas untuk dilakukan proses pengaktifan.

Source:

bpjs kesehatan berstatus non aktif karena premi,cara aktifkan kartu bpjs kesehatan dari perorangan ke perusahaan,cara membayar tunggakan bpjs kesehatan jika pindah perusahaan

Cara Mengaktifkan Kembali Kartu BPJS Karena Tunggakan | Biayaasuransi | 4.5