Keuntungan Yang Diperoleh Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Selamat datang di website kami yang menyajikan berbagai macam informasi terkait dengan perkembangan dunia asuransi yang Anda butuhkan, Keuntungan Yang Diperoleh Peserta BPJS Ketenagakerjaan.

BPJS Ketenagakerjaan Jaminan Kecelakaan – memberikan jaminan sosial kepada seluruh tenaga kerja yang ada di Indonesia, beberapa jaminan tersebut diantaranya Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP). Saat bekerja pasti ada resiko yang harus dihadapi apalagi jika pekerjaan tersebut tergolong berat seperti menjadi sopir, berhubungan dengan ketinggian dan sejenisnya.

Bagi peserta BPJS Kesehatan akan memperoleh jaminan sosial salah satunya yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK). Jika peserta mengalami kecelakaan maka akan memperoleh jaminan yang semuanya ditanggung oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Ada banyak keuntungan BPJS Ketenagakerjaan dari program JKK tersebut seperti biaya perawatan dan pengobatan gratis untuk peserta apabila mengalami kecelakaan, selain itu peserta juga bakal dirawat hingga sembuh.

Tidak hanya itu saja peserta juga mendapatkan santunan berupa uang tunai sekitar Rp 1 juta untuk angkutan darat, danau dan sungai. Lalu Rp 1,5 juta untuk angkutan laut dan Rp 2,5 juta untuk angkutan darat.

Pihak BPJS Kesehatan juga memberikan ganti upah selama sakit yaitu 100 % dari upah selama 6 bulan pertama apabila peserta tidak bisa bekerja sama sekali, kemudian juga akan memperoleh upah atau gaji 75 persen 6 bulan kedua dan 50 persen di 6 bulan ketiga.

Apabila tidak dapat bekerja sementara dan dirawat karena patah kaki maka harus dirawat selama 2 bulan dan penghasilan tidak boleh distop karena keluarganya harus ada yang membiayai.

Baca juga : Cara Mencairkan Dana Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan Terbaru

Selain itu peserta yang mengalami cacat juga akan mendapat santunan dari BPJS Kesehatan. Perhitungan untuk cacat sebagian anatomis sebesar persentase yang sudah ditentukan oleh dokter kemudian dikali 80 lalu dikali upah sebulan.

Lalu untuk cacat sebagian fungsi yaitu persentase berkurangnya fungsi dikali persentase sesuai tabel, dikali 80 lalu dikali upah sebulan dan terakhir untuk cacat total 70 persen, dikali 80 lalu dikali upah sebulan.

Keuntungan Yang Diperoleh Peserta BPJS Ketenagakerjaan | Biayaasuransi | 4.5