Cara Klaim Asuransi Kehilangan Motor Kredit Dan Tunai

Selamat datang di website kami yang menyajikan berbagai macam informasi terkait dengan perkembangan dunia asuransi yang Anda butuhkan, Cara Klaim Asuransi Kehilangan Motor Kredit Dan Tunai.

Cara Asuransi Motor Hilang – Jika anda membeli sepeda motor baru biasanya akan ada pelayanan asuransi yang nantinya bisa anda klaim apabila ada hal-hal yang tidak diinginkan seperti kehilangan akibat dicuri. Nah untuk mengurus klaim motor yang hilang juga tidaklah sulit yaitu anda tinggal datang langsung ke kantor polisi dimana lokasi yang sedang dialami kemudian meminta BAP (Berita Acara Pemeriksaan).

Memang dengan memiliki asuransi tersebut kita akan lebih mudah dan tentunya merasa aman terutama bagi yang memiliki kendaraan baru. Sayangnya tidak sedikit pula masyarakat yang menyepelekan asuransi motor tersebut karena dianggap memberatkan cicilan bulanan, padahal sebenarnya premi asuransi sudah jadi satu dengan paket pembelian kredit motor.

Asuransi kendaraan biasanya hanya berlaku untuk mereka yang membeli motor atau mobil secara kredit, sedangkan untuk pembelian tunai memang tidak diwajibkan. Untuk itu sebaiknya asuransikan saja kendaraan anda karena saat ini memang sedang rawan pencurian, tentunya hal itu bertujuan sebagai antisipasi. Asuransi jenis TLP atau singkatan dari Total Loss Only memberikan penggantian kendaraan meliputi :

• Motor hilang dicuri saat di parkir
• Perampasan atau penodongan
• Kecelakaan yang menyebabkan estimasi kerusakan sampai 80 persen
• Huru hara

Baca juga: Asuransi Kesehatan Manulife

Contoh biaya asuransi :

Biaya Asuransi Motor Yamaha R15 = 3.5% x harga On The Road Motor
= 3.5% x Rp 28.000.000
= Rp 980.000

Biaya administrasi = Rp 20.000 (hanya dibayar sekali)
Total = Rp 1.000.000

Proses untuk klaim kehilangan motor :

1. Lapor polisi, Segera lapor kasus pencurian tersebut ke kantor polisi terdekat lalu pihak berwajib akan menahan STNK beserta kunci motor dan setelah itu baru anda akan mendapat surat terima penahanan baarang curian.

2. Lapor ke asuransi, Baru setelah itu anda bisa menyiapkan dokumen kendaraan seperti BPKB asli, faktur pembelian motor, foto kopi identitas, SIM, polis asuransi, beberapa lembar kuitansi kosong dan materai Rp 6.000 dan surat kehilangan.

Setelah itu anda bisa menyerahkan semua dokumen tadi ke loket pengajuan klaim di perusahaan asuransi. Jika sudah petugas asuransi motor akan mengecek semua dokumen, polis asuransi, meneliti laporan, mengecek tempat kejadian perkara dan mewawancarai saksi maupun polisi. Biasanya proses tersebut akan memakan waktu sekitar 1 bulan apabila data semua sudah lengkap.

3. Yang terakhir, adalah anda akan memperoleh nilai dari klaim. Biasanya akan ada penyusutan biaya sekitar 10 persen per tahun dari harga kendaraan yang hilang tersebut. Berikut detail perhitungannya :

Nilai kendaraan (OTR Motor)Rp 28.000.000

Penyusutan kendaraan (10%/tahun)Rp 2.800.000

Nilai penggantian (OTR-penyusutan)Rp 25.200.000

Dengan nilai penggantian Rp 25,2 juta, maka Anda harus menambah lagi dana Rp 2,8 juta untuk membeli lagi Yamaha R15 baru seharga Rp 28 juta.

Source:

kehilangan motor,motor kredit hilang,motor kridit hilang,asuransi motor hilang sinarmas,asuransi motor kredit hilang,asuransi motor yam,aturan main asuransi kendaraan sepeda motor,biaya asuransi motor baru di sinarmas bogor,kalkulator asuransi motor hilang,kehilangan montor jospendipasaribu salatiga

Cara Klaim Asuransi Kehilangan Motor Kredit Dan Tunai | Biayaasuransi | 4.5