Cara Pindah BPJS Kesehatan Dari Perusahaan Ke Perorangan

Selamat datang di website kami yang menyajikan berbagai macam informasi terkait dengan perkembangan dunia asuransi yang Anda butuhkan, Cara Pindah BPJS Kesehatan Dari Perusahaan Ke Perorangan.

BPJS Kesehatan – Setelah sebelumnya kita membahas mengenai cara pindah status dari perorangan atau mandiri ke perusahaan, kali ini justru sebaliknya yaitu pindah kepesertaan BPJS Kesehatan dari perusahaan (Pekerja Penerima Upah) ke mandiri atau perorangan.

Cara ini biasanya dilakukan oleh seseorang yang sebelumnya bekerja di perushaan kemudian mengalami resign maupun PHK sehingga tidak memiliki pekerjaan lagi.

Cara pindah status ini cukup mudah yaitu calon peserta BPJS Kesehatan bisa mendaftar BPJS Kesehatan baik secara online maupun offline baik anda lakukan sendiri atau oleh perusahaan tempat anda bekerja sebelumnya.

Jika semua proses telah selesai maka peserta BPJS Kesehatan perorangan harus membayar sendiri sepenuhnya iuran BPJS secara mendiri melalui bank atau PPOB yang telah ditentukan seperti bank BRI, Mandiri, BTN, BNI, Kantor Pos, Alfamart dan Indomaret sesuai dengan kelas kepesertaan BPJS Kesehatan masing-masing.

Sedangkan konsekuensi bagi peserta yang terlambat membayar iuran BPJS Kesehatan akan dinonaktifkan dari kepesertaan dan secara otomatis dicabut hak kepesertaannya selama yang bersangkutan belu melunasi tunggakannya.

Namun bagi peserta BPJS Kesehatan PPU (Pekerja Penerima Upah) tidak perlu khawatir mengalami hal tersebut karena biaya ditanggung oleh perusahaan dimana tempatnya bekerja.

Meskipun begitu ada juga beberapa perusahaan yang hanya membayar sebagian premi BPJS Kesehatan kepada peserta atau tergantung dari peraturan perusahaan.

Perusahaan tersebut tentu saja mengacu kepada undang-undang atau peraturan pemerintah yang berlaku. Hanya saja apabila peserta PPU sudah berhenti bekerja karena mengundurkan diri atau terkena PHK bisa melakukan perpindahan ke perorangan.

Cara Pindah Kepesertaan BPJS Kesehatan

Untuk mengubah status kepesertaan anggota BPJS dari perusahaan ke perorangan hanya bisa dilakukan secara offline saja. Peserta yang bersangkutan bisa datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan terdekat kemudian anda bisa minta nomor antrean apabila banyak peserta yang datang lalu setelah mendapat giliran pelayanan maka anda bisat menjelaskan ke petugas bahwa anda ingin pindah status BPJS Kesehatan dari peserta PPU ke perorangan.

Berikut syarat pindah kepesertaan BPJS Kesehatan dari perusahaan ke perorangan :

. Kartu Tanda Penduduk (KTP)/ SIM
. Buku Tabungan
. Foto ukuran 3 x 4
. Kartu Peserta BPJS PPU

Setelah semua proses pindah status selesai maka anda tinggal membayar iuran bulanan BPJS Kesehatan secara mandiri. Namun ada juga petugas yang meminta untuk melakukan daftar ulang BPJS Kesehatan, jika demikian anda bisa meminta ke petugas untuk mengecek nomor KTP Anda karena sudah terdaftar sebagai peserta PPU dan apabila petugas tetap menyarankan demikian cukup mengikuti petunjuk yang diberikan.

Baca juga : Cara Pindah Kelas BPJS Kesehatan Online Atau Manual

Perlu diketahui bahwa untuk yang satu ini semua anggota keluarga yang tertera dalam kartu keluarga harus terdaftar menjadi anggota BPJS Kesehatan. Untuk itu apabila saat pindah status kepesertaan ada anggota keluarga Anda belum terdaftar maka Anda harus mendaftarkannya semuanya.

Source:

cara pindah bpjs perusahaan ke perorangan,cara pindah bpjs perusahaan ke pribadi online 2017,cara pindah bpjs perusahaan mandiri 2017,pindah bpjs dari perusahaan ke perorangan,syarat pencairan bpjs perusahaan menjadi bpjs pribadi,syarat pindah kepesertaan bpj

Cara Pindah BPJS Kesehatan Dari Perusahaan Ke Perorangan | Biayaasuransi | 4.5