Perbedaan BPJS Kesehatan Dan KIS (Kartu Indonesia Sehat)

Selamat datang di website kami yang menyajikan berbagai macam informasi terkait dengan perkembangan dunia asuransi yang Anda butuhkan, Perbedaan BPJS Kesehatan Dan KIS (Kartu Indonesia Sehat).

Perbedaan BPJS Dan KIS – Di era Presiden Joko Widodo ada program kesehatan baru bernama Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang diluncurkan pada tanggal 3 November 2014, kartu ini diberikan kepada masyarakat yang tidak mampu untuk kemudian dijamin akan memperoleh pelayanan berobat secara gratis.

Bisa dikatakan antara KIS dan BPJS hampir sama meskipun ada beberapa perbedaan seperti dari segi pelayanan. Untuk KIS sendiri bisa digunakan di mana saja dan kapan saja sedangkan BPJS kesehatan masih terbatas. Fungsinya pun juga sedikit berbeda yaitu KIS memberikan jaminan kesehatan khusus bagi yang warga miskin yang kurang mampu dengan menggunakan dana subsidi dari pemerintah melalui APBN.

Sementara itu untuk BPJS Kesehatan merupakan iuran yang wajib dibayar peserta setiap bulan, itu artinya layanan KIS ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah yang ditujukan untuk masyarakat kurang mampu.

Berikut beberapa perbedaan lain antara KIS dengan BPJS :

1. KIS merupakan program jaminan kesehatan untuk warga kurang mampu sedangkan BPJS adalah Badan Pengelola-nya.

2. KIS hanya untuk rakyat miskin dan kurang mampu, sementara itu untuk kartu Jaminan Kesehatan Nasional yang dikelola BPJS wajib dimiliki warga negara Indonesia baik mampu ataupun kurang mampu.

3. Wilayah pemakaian KIS bebas dan BPJS terbatas.

KIS adalah kartu yang dapat dipakai di klinik, puskesmas, dan rumah sakit dimana saja di seluruh Indonesia. Sedangkan penggunaan kartu JKN yang dikelola BPJS hanya terbatas di wilayah yang didaftarkan.

Misalnya saja apabila anda mendaftarkan BPJS ke klinik di wilayah Jakarta maka kartu JKN yang dikelola BPJS hanya bisa dipakai di klinik atau Puskesmas di Jakarta.

4. penggunaan KIS bisa untuk segala perawatan kesehatan baik itu untuk pencegahan maupun pengobatan. Sedangkan kartu JKN yang dikelola BPJS hanya dapat digunakan ketika Anda benar-benar sedang sakit atau membutuhkan perawatan.

5. KIS adalah kartu kesehatan yang merupakan subsidi pemerintah, masyarakat hanya perlu mendaftar tanpa mengeluarkan biaya sepersen pun. Sedangkan untuk mendaftar kartu JKN yang dikelola BPJS ada biaya yang harus dibayarkan setiap bulan.

Baca juga: Perbedaan BPJS Kesehatan Dan BPJS Ketenagakerjaan

Demikian tadi sedikit pembahasan mengenai perbedaan BPJS dan KIS semoga dapat membantu memberikan informasi yang Anda butuhkan saat ini.

Source:

bpjs mandiri dan kis,beda kartu bpjs kesehatan dan kis,perbedaan kis dari pemerintah dan kis dari perusahaan,cara pindah kis mandiri ke kis gratis,cara pindah bpjs mandiri ke kis 2017,Biaya kis,beda kartu kis bayar sama yang tidak bayar,apakah kartu sehat hampir sama sprti BPJS?,apa perbedaan kis mandiri sama kis pemerintah,apa perbedaan kartu kis

Perbedaan BPJS Kesehatan Dan KIS (Kartu Indonesia Sehat) | Biayaasuransi | 4.5